THROWBACK: My Love on Learning English


Foto di bawah ini kira-kira diambil waktu umur gue 16 tahun dan bareng sama temen-temen gue ngurusin English Club di SMA tempat gue sekolah.

SMANdec

Dari dulu gue selalu ngiri sama temen-temen gue yang dari kecil diajarin bahasa Inggris, bahkan di rumah ngobrolnya pake bahasa Inggris, what a privilege! Gue sukaaa banget sama bahasa ini, tapi gemes sendiri karena nggak bisa lancar ngomongnya. Jadi dulu tuh gue suka baca-baca buku grammar sendiri, terus baca cerita dan dibaca keras-keras buat latihan pronunciation dan aksen. Gue kudu terima kasih sama lagu-lagu barat dan film-film Hollywood karena dari merekalah gue belajar aksen yang bener. Saking gue pengen banget lancar berbahasa Enggres, waktu itu gue sempet minjem buku lesnya temen gue, terus gue catet ulang yang penting-penting dari catatan dia, sisanya gue fotokopi. Bukannya ikutan ngeles 😆

Waktu gue ikutan Miss Indonesia tahun 2006 lalu (umur gue 19 tahun), itu jadi salah satu momen terminder dalam hidup gue. Soalnya gue ngerti bahasanya secara tertulis, tapi gue nggak pernah ada temen ngobrol bahasa Inggris sebelumnya (jadi pasif), jadi tuh gue tahu mau nyampein apa, cuma kok nggak keluar kata-katanya di lidah. KESEL! Nggak semua finalis itu pada lancar sih ngomongnya, cuma gue ngiri banget sama yang pada lancar kayak aer, sungguh memudahkan pula pas penjurian. Setahun kemudian setelah ikut pageant itu, berbekal pengetahuan tertulis dan kenekatan ngobrol sama dosen bule di kampus, baru gue terjun bebas praktek langsung ngomong aktif bahasa Inggris ini di Den Haag (waktu jualan batik di sebuah pameran budaya di sana). Ternyata cukup butuh waktu 2- 3 hari, “mesin” gue (baca: lidah) akhirnya “panas.” Karena di sana mau nggak mau nggak ada bahasa lain yang bisa dipake selain menggempurkan bahasa Inggris, akhirnya setelah 10 hari di sana… I rest my case! Bootcamp mau-nggak-mau-harus-pake-bahasa-Inggris itu sukses melancarkan lidah akik dan meningkatkan kepedean berbahasa 100%. Sejak saat itu gue membiasakan diri untuk mencari lingkungan yang memaksa gue untuk make bahasa ini. Entah dengan maksain ngobrol sama dosen bule, e-mail-emailan sama temen-temen di Belanda, nulis dalam bahasa Inggris, baca cerita dalam bahasa Inggris (pake suara), nonton film, bahkan “ngebatin”/”mikir” aja gue latih dalam bahasa Inggris. Emang harus dipake terus bahasanya. Dan semenjak kerja, karena selalu dapet bos bule, jadi secara otomatis bahasanya tetep kepake setiap hari. 

Mari kita cari bahasa lain!~~~

6 comments

  1. Ya bahasa belanda donk tepp. Kalo ngga berjodoh ama mike lewis….pasti mentoknya ama orng londo…
    btw, bener banget tuh musti ada lingkungan yg maksa kita utk menggunakan bahasa itu.

  2. Jadi supaya pede 100% bahasa enggres harus ngomong sama native speakernya ya mba’? cari bule dululah kalo gitu.. 😦

Leave a comment